Taman Hutan Rakyat Panglima Besar Soedirman, Wisata yang asri penuh pengetahuan tentang sang jenderal hebat!

Hay Sahabat! sebelum memulai hari ini gege akan sedikit bercerita tentang Taman Hutan Rakyat Panglima Jenderal Besar Soedirman yang sempat di kunjungi kala lagi senggang belum terlalu banyak kegiatan.

Kala itu di homestay bingung mau kemana karena teman setim sudah punya masing-masing kegiatan. iseng lah gege mencari museum yang asik via googel yang memiliki tempat luas, asri dan juga memiliki pengetahuan untuk gege kulik. yuhuuuuuu akhirnya dapat ke THR Pangsar Jend.Soedirman di Karanglewas, Purwokerto, Jawa Tengah. 

Gege berangkat Siang menjelang Sore hari, alhamdulillah mobilnya nda dipakai oleh rekan setim. saya berangkat santai asik dengan ditemani radio hitsnya purwokerto paduka fm dan metro fm. tapi disini heran sama metro fm, keren loh anda bos! jarang ada iklannya dan full lagu semua. singkat cerita Gege sudah sampai di THR, Bayar tiket masuk dan parkir 5000 aja sahabat! itung-itung bayar pemasukan untuk daerah dan pemeliharaan.



Taman Hutan yang Asri nan Sejuk

Setelah dari gerbang masuk gege disambut dengan Hutan Rakyat yang Asri nan Sejuk, kala suntuk dengan beton beton besar di kota metropolitan melihat yang hijau dan asri itu batre kehidupan Gege otomatis ke recharge gitu... full banget. 

Gege mencari tempat parkir dan ternyata wah... luasnya ini parkiran muat banyak bis disini. 


Karena tadi melihat hutan asri, mini hutan si ternyata tepatnya. Gege menyempatkan untuk melihat sejenak dan foto-foto. asik banget ini hutannya! bisa dibuat lomba ajang foto disini ataupun foto weding. duduk sejenak di hutan ini sambil menghisap rokok, seketika dapat ide banyak banget untuk kerjaan dan permasalahan hidup. mulai jenuh ditempat ini gege beranjak ke depan tank, 2 tank gagah hibahan TNI untuk Pemda Banyumas yang ditempat di depan 

Tank yang bisa dinaiki dan edukasi anak 

Tank ini dengan gagah menyambut didepan dan kanan kiri sebelum masuk ke museumnya.

Tank ini jenis AMX-13 yang mana buatan Perancis merupakan jenis tank ringan dengan dilengkapi penambak martil, penembak bom, dan breng yang cihuy asik! 

Sudah melihat tanknya dalam pemikiran ini lo ngajakin ponakan-ponakan main kesini sambil becandain dan foto diatas sini asik juga. dan boleh dinaiki loh tanknya. gege sempet selfie tapi malu ah diupload. wkwkwkw

Seperti yang sahabat liat begini ternyata penampakan dari dalam tank. dan ini gege baru pertama kali pula melihat isi dalamnya tank

Semua terbuat dari baja untuk melindungi dari peluru-peluru kala berperang. dan yang sebelah kanan tempat perwira untuk duduk dan sebelah kiri tempat perbekalan, persenjataan serta amonisi, didepannya ada ruang tempat duduk kemudi serta panter navigasi, yang spesial ada ruang penembak bomnya disebalah kiri. 

Semua ini dapat dinaiki loh sahabat! dan semua bisa melihat isi didalamnya. setelah melihat isi dalam Tank, pantesan TNI pada tegap, gagah, dan sigap melihat langsung dalam Tank begini. wah salut gege sama anda! hormat dan respect untuk kalian para Tentara Nasional Indonesia.

Museum dengan diorama dan pengetahuan yang lengkap

Disambut dengan kata "sugeng rawuh" dan burung kepodang khas dari gunung selamat. 

Start masuk dimulai dari kiri, disini sahabat tenang aja disetiap diorama ada urutannya jadi edukasinya tidak tercecer sehingga tetap utuh.

museumnya penuh dengan diorama cerita hebat dari sang jenderal besar, baik awal kali dimasih sd, sampai berdiskusi dengan soekarno, diskusi dengan pak soeharto, dan juga kalimat-kalimat besar dari beliau untuk menyemangati para bawahannya, yang paling menohok didada ini melihat tandu kala perjuangan sang jenderal besar. disitu dada ini nyess... dan hati berkata. bapak terimakasih atas jasa mu kita sekarang sudah merdeka bapak terimakasih sudah berjuang totalitas untuk negeri ini bapak yang tenang disana. oh ya sahabat nanti tentang sang panglima besar akan saya bahas tersendiri ya, biar nda kepanjangan ini blog. entar sahabat bosan lagi baca yang panjang-panjang. wkwkwkwkw

ini beberapa foto dari senjata, diorama, dan quotes yang ada dimuseum

















Tempat parkir yang luas

Ok deh karena gege sudah dapat pengetahuan lengkap dari sang jenderal besar, nanti gege akan bahas tersendiri ya sahabat di postingan. gege sudah mulai agak keliyengan karena penuh informasi tentang bapak soedirman. akhirnya gege balik kanan ke parkiran dan diparkiran juga biasa dijadikan ajang kicauan. begitu nyampe parkiran ternyata lagi ada lomba kicauan burung! wah beruntungnya. ternyata gege sudah terlalu lama dimuseumnya karena menceran ilmunya baru ngeh diluar ada lomba burung. 

Saran dan Masukan

- Untuk pengelola ini sudah bagus dan isinya sudah cukup lengkap ditambah lagi ada tanknya. menjadi nilai plus baik untuk keluarga
- bagus si sudah mulai mengajak warga sekitar dengan mengadakan macam lomba burung, tapi coba deh lomba foto untuk instragram disini. banyak spot yang fotoable banget, dan mengadakan kesenian yang telah dicampur dengan budaya kekinian. agar apa? taman hiburan ini benar-benar menjadi taman hiburan yang rakyat banget. dan banyak orang suka. 

ok deh sekian dulu untuk Taman Hiburan Rakyat Panglima Besar Jenderal Soedirman, semoga sahabat masih banyak suka ke museum ya.... lo bukan kita yang melestarikan siapa lagi? mau budaya, ilmu, dkknya diambil lagi? ntar ngamuk lagi.... wkwkwkwk ok ya assalamualaikum. lo masih kurang sreg yuk berkomunikasi dengan gege ada di kontak me. hehehehei

Komentar